STRUKTUR
ORGANISASI HOTEL
Gambar diatas adalah
bentuk umum struktur organisasi hotel bintang 5. Dalam struktur organisasi
tersebut saya berperan sebagai General Manager. Tidaklah mudah menjadi seorang
General Manager yang mempunyai banyak tanggung jawab untuk mengelola bisnis
hotel yang saya rintis. Banyak dibutuhkan beberapa orang untuk membantu saya
dalam menjalankan bisnis tersebut dan membagi tanggung jawab ke beberapa orang
yang saya percaya. Dibawah ini adalah rincian dari penjelasan beserta tugas
dari struktur organisasi yang saya buat.
- TUGAS GENERAL MANAGERSebagai seorang General Manager tanggung jawab yang saya pikul tidaklah ringan. Diantaranya adalah mengelola hotel secara baik dan secara terkonsep. Menjalankan proses agar visi misi yang saya rencanakan dapat terwujud. Mempertahankan kelangsungan tujuan. Focus pada system tujuan yang sudah terkonsep. Mengatur langkah untuk menuju tujuan. Mempertimbangkan segala untung rugi dengan cermat. Dan mengawasi seluruh bawahan dengan baik, benar dan tegas.
- TUGAS EXECUTIVE ASISTEN MANAGERSebagai seorang General Manager saya membutuhkan seorang Executive Asisten Manager yang bertanggung jawab untuk merekrut, melatih, dan mengawasi anggota staf. Executive Asisten Manager memberikan tugas kepada para pekerja dan jadwal shift. Executive Asisten Manager juga memecahkan keluhan pelanggan dan menjawab pertanyaan tentang bisnis yang kami rintis.
- TUGAS ROOM DIVISION
Rooms Division sendiri merupakan sebagai sebuah divisi di hotel yang terdiri gabungan departemen dan fungsi yang memiliki peran penting dan bertanggung jawab terhadap penyediaan dan pemesanan kamar berikut memberikan pelayanan jasa kebersihan, perawatan dan pemeliharaan kamar serta area-area umum di hotel, termasuk penyediaan pencucian pakaian tamu serta pencucian dan pemeliharaan linen yang digunakan oleh departemen lain. Dalam Room Division terdapat ruang lingkup yang sangat dibutuhkan. Diantaranya adalah :
- HOUSE
KEEPING
Tugas-tugas pokok housekeeping di antaranya adalah:
· Menjaga kebersihan seluruh area
hotel.
·
Merawat dan memelihara inventaris
hotel.
·
Mengatur peredaran linen.
·
Memelihara dan merawat taman dan
tanaman.
·
Melaksanakan pelayanan di
kamar-kamar.
·
Melaksanakan pencucian linen,
uniform dan pencucian pakaian tamu.
House Keeping juga terdiri dari beberapa bagian beserta
tugasnya yaitu:
§ FLOOR SECTION
Bagian ini
bertanggung jawab terhadap kebersihan, perawatan dan pemeliharaan kamar
tamu juga kebersihan hotel tersebut.
§ PUBLIC AREA
Bagian ini
menangani semua urusan mengenai kebersihan, kerapian, kelengkapan, kenyamanan,
semua area umum yang berpengaruh terhadap ketertarikan tamu untuk memakai jasa
di dalam hotel. Tempat-tempat yang dijaga kebersihannya oleh seorang public
area meliputi : toilet, lobby, basement, office, dan semua area yang menjadi
perhatian penting untuk menarik tamu datang kedalam hotel.
§ LINEN SECTION
Bagian
ini bertanggung jawab terhadap penyediaan, penanganan, penyimpanan dan
pemeliharaan linen atau lena yang yang digunakan oleh departemen-deprtemen
terkait,
- FRONT OFFICE
Dalam Front Office terdapat ruang lingkup yang dapat membantu berjalannya hotel saya dengan baik dan sempurna. Diantaranya adalah:
§ RECEPTIONIST
Tugas dari seorang Receptionist di
hotel saya adalah untuk
melakukan penyambutan pada tamu yang baru masuk hotel. Data dari tamu yang akan
di sampbut di peroleh dari petugas reservasi.
§ RESERVATION
Tugas
dari Reservation adalah mengatur jadwal tamu yang melakukan resevasi yang
akan menginap di hotel. Penting bagi hotel untuk mempunyai petugas
reservasi saat Tingkat hunian (Occupancy) hotel sudah sangat tinggi. Dengan
adanya petugas resevasi ini, maka tingat hunian hotel akan bisa di jaga tetap
tinggi.
§ INFORMATION
Bertugas
sebagai pusat informasi para pengunjung. Yang menampung segala saran, keluhan
bagi para pengunjung.
§ CASHIER
Mencatat
keluar masuknya keuangan yang berhubungan dengan pembayaran yang dilakukan tamu
hotel.
- F&B DIVISION
Dalam hotel saya juga terdapat struktur organisasi Food & Beverage. Dalam operasional harian hotel Food & Beverage Department ( department makanan & minuman ) di bagi menjadi 2 bagian yaitu Food Bevrage Service (Tata Hidang / full service Food Beverage) di Restaurant Service dan Food Beverage Product (Produksi / pengelola / pembuat / penyedia makanan & minuman ) di Kitchen / dapur utama antara keduanya saling ketergantungan.
- FOOD PRODUCTION
Food production merupakan bagian dari F & B Department yang bertanggung jawab penuh atas pembuatan makanan dan minuman di hotel. F & B Production ini saya menempatkan seorang chef yang ahli dalam bidang makanan dan chef yang professional pula.
- F & B SERVICE
F& B service merupakan bagian dari F& B Department yang menyediakan fasilitas yang berhubungan dengan ketersediaannya makanan dan minuman untuk para pengunjung. F&B service ini terdiri dari beberapa fasilitas diantaranya:
§ BAR
Tempat yang saya sediakan untuk
bersantainya para tamu. Bar ini menyediakan berbagai jenis minuman beralkohol
maupun non alcohol.
§ RESTAURANT
Tempat yang saya sediakan untuk
makan para tamu.
§ ROOM SERVICE
Bertugas mengambil
pesanan (taking the order), menyiapkan menyajikan di kamar dan mengambil
kembali peralatan yang telah digunakan dari kamar.
§ BANQUET
Banquet bertugas untuk menangani
segala macam kegiatan pesta atau jamuan yang diselenggarakan oleh suatu panitia
atau pihak lain yang membuat pesanan ke hotel.
- PERSONNEL / KEPEGAWAIAN
Dalam urutan struktur organisasi hotel ini, tentu saja saya membutuhkan seorang pegawai. Yang bertugas sebagai Administrasi, perencanaan bisnis, prosedur kedisiplinan bagi para bawahannya, pembuatan sertifikat bagi para karyawan, membuat laporan sumber daya manusia, membuat rencana hubungan tenaga kerja , pemrosesan cuti, penilaian kinerja, asuransi, gaji, bonus, tunjangan.
- ACCOUNTING
Tugas dari seorang accounting adalah menjurnal, membuat laporan keuangan, menganalisa, membuat perusahan bisa lebih produktif, "memberdayakan" semua sources perusahaan hingga maksimal, meningkatkan value added, mengefisienkan operasional perusahaan.
- ENGINEERING
Tugas dari Engineering di hotel saya adalah sebagai berikut:
Ø Preventive maintenance supaya peralatan-peralatan hotel
dapat dipergunakan dengan normal, tidak terjadi gangguan-gangguan yang fatal
dan punya jangka waktu operational yang lebih lama.
Ø Pelayanan terhadap tamu dengan cara melayani komplain dan
menyediakan alat-alat pada event-event di Banquet.
Ø Perbaikan/renovasi agar peralatan dan fasilitas-fasilitas
selalu tampak bagus dan sesuai dengan perkembangan waktu.
Ø Efisiensi dengan cara melakukan maintenance yang murah dan
efektif ,penghematan pada penggunaan energy listrik, air, solar tanpa
mengurangi kepuasan tamu.
- MARKETING
Pemasaran jasa hotel itu selalu terdiri dari beberapa aktivitas yang bertujuan untuk menarik calon pelanggan dengan memberi motivasi agar tertarik untuk membeli produk dan jasa pelayanan hotel. Pada bagian marketing terdiri dari dua ruang lingkup yaitu Reservation dan Convention.
Ø RESERVATION
Bertugas
:
1) Menjual
produk hotel dengan cara melakukan tehnik penjualan
2) Mempromosikan
produk dan fasilitas hotel
3) Mempertahankan
pengetahuan tentang produk dan pelayanan yang ada di hotel seperti harga &
fasilitas promosi, harga khusus dll
Ø CONVENTION
-
PURCHASING
Purchasing bertugas untuk melakukan pengadaan dan pembelian barang yang dibutuhkan oleh Hotel, baik secara langsung (direct purchase ) atau secara tidak langsung ( indirect purchase )
REFERENSI :
http://privateselv.blogspot.com/2012/01/pandangan-mengenai-housekeeping.html
http://hoteltraining.wordpress.com/2009/09/10/housekeeping/
http://pusathotel.wordpress.com/2010/07/19/pembagian-tugas-dan-kewenangan-pada-bisnis-hotel/
http://alamandakartatika.blogspot.com/2010/11/public-area-di-dalam-hotel-public-area.html
http://virtualhotelinstitute.com/article/69781/food-and-beverage-operations.html
http://massicang.blogspot.com/view/magazine#!/2012/02/definisi-food-production.html
http://nurzanepastry.blogspot.com/2010/10/istilah-room-service-di-restoran-itu.html
http://www.scribd.com/doc/46991211/Banquet
http://virtualhotelinstitute.com/article/69780/human-resources-development-department.html
http://putra-finance-accounting-taxation.blogspot.com/2007/10/tips-lebih-advance-di-dunia-controller.html
http://blackmentolevolution.blogspot.com/
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/teori-pemasaran-perhotelan-hotel.html
http://pariwisata-teknologi.blogspot.com/2010/06/tugas-tanggung-reservasi.html
http://www.ihs-indonesia.info/2009/05/hotel-store-and-purchasing-department.html
hei kawan, karena kita ini mahasiswa gundar, tolong ya blognya di kasih link UG, seperti
BalasHapus- http://www.gunadarma.ac.id
- http://www.studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain
karna link link tersebut mempengaruhui kriteria penilaian mata kuliah soft skill
makasi :)
kak.. add friend facebook saya donk, mau tau lebih banyak ttng perhotelan saya :D
BalasHapus