Jumat, 09 Maret 2012

ORGANISASI DAN METODE #


IRA SULIS SETIAWATI
1DB09
33111670



PERAN PENTING MANAJEMEN BAGI
KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Peran penting manajemen bagi kehidupan sehari-hari saya adalah dapat merencanakan sesuatu yang akan datang seperti apa yang akan saya lakukan esok hari, lusa atau dalam jangka waktu yang lama dengan membuat ringkasan rincian atau membuat jadwal supaya sesuatu yang akan saya lakukan berjalan dengan lancar, tercapai dan tidak bentrok dengan kegiatan yang lain dan mencapai tujuan yang saya harapkan.
Kedua adalah saya dapat mengendalikan diri saya sendiri dan menahan keegoisan yang ada dalam diri.  Contoh yang paling menonjol adalah saya dapat mengendalikan uang untuk membeli yang hanya dibutuhkan saja. Dan mengendalikan emosi saya ketika berada dalam sebuah masalah dan harus menyelesaikannya dengan kepala dingin.
Ketiga adalah saya dapat mengambil keputusan untuk menentukan segala sesuatu yang ada di hidup saya dengan cara saya sendiri atau tidak menjadi orang lain. Saya juga dapat berani mengeluarkan pendapat yang menurut saya itu benar.



PERAN PENTING MANAJEMEN BAGI
ORGANISASI

Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Kata manajemen mungkin berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti "mengendalikan," terutamanya "mengendalikan kuda" yang berasal dari bahasa latin manus yang berati "tangan". Kata ini mendapat pengaruh dari bahasa Perancis manège yang berarti "kepemilikan kuda" (yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris ini juga berasal dari bahasa Italia. Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.
Secara sederhana organisasi dapat diberi pengertian sebagai suatu system yang saling berpengaruh antar orang dalam kelompok yang bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama. Lengkapnya dapat dinyatakan sebagai suatu kesatuan sosial dari sekelompok manusia yang saling berinteraksi menurut pola tertentu, sehingga setiap anggotanya memiliki fungsi dan tugas masing-masing, utamanya lagi kesatuan tersebut mampunyai batas-batas yang jelas sehingga dapat dipisahkan secara tegas dari lingkungannya (Lubis dan Martin,1989).
Menurut Malayu S. Hasibuan, Manajer adalah sumberdaya pokok serta titik sentral setiap aktivitas yang terjadi dalam suatu perusahaan. Manajer harus mengutamakan tugas, tanggungjawab, dan membina hubungan yang harmonis baik dengan atasan maupun dengan bawahan
Peran penting manajemen bagi organisasi antara lain adalah
1.    Dapat dengan tepat mengambil keputusan, membuat rencana, menyususn sebuah organisasi, mengarahkan atau menjalankan organisasi dengan benar, menyusun organisasi secara matang, mengendalikan organisasi dan menilai juga melaporkan perkembangan organisasi setiap saat secara terperinci.
2.    Memotivasi, artinya seorang manajer harus dapat mendorong para bawahannya untuk bekerja giat dan membina para bawahan dengan baik dan harmonis.
3.    Manajer harus berusaha memenuhi kebutuhan para bawahannya.
4.    Manajer harus dapat menciptakan kondisi yang akan membantu bawahannya mendapatkan kepuasan dalam pekerjaanya.
5.    Manajer harus berusaha agar para bawahannya bersedia memikul tanggung jawab.
6.    Manajer harusmembina bawahannya agar dapat bekerja secara efektif dan efisien.
7.    Manajer harus membenahi fungsi-fungsi fundamental manajemen secara baik.
8.    Manajer harus mewakili dan membina hubungan yang harmonis dengan pihak luar.
Sesungguhnya, manajer bertanggungjawab dalam mengarahkan visi serta sumber-sumber daya kejurusan yang dapat menghasilkan hal-hal yang paling efektif.
Organisasi Formal :
Yaitu sistem kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dikoordinir untuk mencapai suatu tujuan yang ditetapkan secara rasional.

Organisasi Informal :
Yaitu kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang tidak dikoordinir untuk mencapai tujuan yang disadari tapi akhirnya mempunyai tujuan bersama, dimana kedudukan dan fungsi-fungsi yang dilakukan tampak kabur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar