Rabu, 26 Desember 2012

DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

PENDAHULUAN
Komputer adalah serangkaian  mesin elektronik yang terdiri dari komponen-komponen yang dapat saling bekerja sama, terprogram,  serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian  pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan  kepadanya.

ARSITEKTUR KOMPUTER
·   Central Processing Unit (CPU) mengendalikan semua unit system komputer dan mengubah input menjadi output.
·       Unit pengendalian (control unit) membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem.
·   Misalnya prosesor dan arithmetic and logic unit (ALU) merupakan tempat berlangsungnya operasi perhitungan logika serta mengolah isi penyimpanan primer.
·    Penyimpanan sekunder menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan.

Unit Input
1.      KEYBOARD
Memasukkan data dengan cara menekan tombol- tombol yang tepat, mirip mesin ketik yang sebagian besar dilengkapi dengan tombol tambahan.
2.      ALAT PENUNJUK
·    Mouse, suatu alat kecil dan ringan yang memiliki suatu bola kecil dibawahnya dan memiliki 1, 2 atau 3 tombol di atasnya dihubungkan ke komputer dengan suatu kabel halus.
·     Trackball, suatu alat penunjuk dimana menggerakkan kursor dengan cara memutar  bola tanpa memindahkan seluruh alat tersebuut.
·    Touch screen, memasukkan data, instruksi hanya dengan menyentuh satu lokasi   dilayar dengan menggunakan jari atau objek tidak transparan lain.
·         Light pen, untuk menunjuk pada layar.
·         Unit remote control.
3.      ALAT INPUT OTOMATIS DATA SUMBER
·     Alat Pembaca Optis, alat input yang membaca data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel photoelectric. Contoh : Scanner, OCR (Optical Character Recognition), OMR (Optical Mark Reader).

·     Alat Pembaca Magnetis, alat pembaca yang menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan magnet. Contoh : MICR (Magnetic Ink Character Recognition).
4.      ALAT INPUT PENGENAL SUARA
Unit pengenal suara (speech recognition unit)
·      Mikropon
·      Automatic Speech Recognation (ASR)
·      Touchtone
5.      ALAT INPUT VIDEO
Video Camera recorder atau Camcoder
6.      ALAT INPUT PENERIMA GERAK
·      Headset
·      Glove
·      Walker

PENYIMPANAN SEKUNDER
·     Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
·      Hard Disk : Removable dan Non removable
·      Floppy Disk
·      Piringan Optik : CD, DVD
·      USB Flash Disk
·      Smart Card
·      Kartu memori
Bentuk Penyimpanan Sekunder :
·    RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
·  ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang.
·   Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.
PERALATAN OUTPUT
 Dibagi menjadi dua, yaitu :
1.      Softcopy, terdiri dari dua jenis :
·         Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma).
·         Audio
2.      Hardcopy, terdiri dari :
·         Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi.
·         Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format Lebar.
·         Computer Output Microfilm (COM).

Peralatan Output
1.      Output Yang Ditampilkan
Peralatan output yg paling terkenal dgn pemakai akhir (end user) adalah Display Screen yang disebut CRT yg  dikemas dgn keyboard.  Kelemahan dari layar tampilan yaitu : ketidak mampuan untuk menghasilkan kopi pada kertas,  yang disebut Hard copy.
2.      Output Yang Dicetak
Peralatan output yang disebut printer menghasilkan hard copy
3.      Output Grafik
Beberapa pemakai komputer pertama, seperti insinyur dan arsitek perlu untuk menghasilkan output grafik. Peralatan khusus yg disebut plotter yg disambungkan dgn CPU ataupun beroperasi secara offine, dpt menghasilkan output grafik pd ukuran normal atau pd kertas yg besar.
4.      Output Mikrofilm
Komputer dapat menggunakan unit Computer Output Microfilm (COM) untuk menciptakan microfilm ataupun microfiche. Mikrofilm viewer offine khusus digunakan untuk menampilkan dokumen yang difilmkan tersebut. Microfilm printer dpt digunakan untuk menghasikan hard copy.
5.      Output Kartu Berlubang
Beberapa konfigurasi komputer yang lebih besar menerapkan card punch unit yang membuat kartu berlubang
6.      Output Audio
Audio response unit dapat menentukan kata yang sebelumnya terekam untuk membentuk output komputer dapat didengar, sehingga bisa ditransmisikan ke seluruh saluran komunikasi.

SOFTWARE
Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi boot diri.Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum.

Perangkat lunak terbagi menjadi dua, yaitu :
A.     Perangkat Lunak Sistem
  • Perangkat lunak yang melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer.
  • Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem :
ü  Sistem Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
Ada enam fungsi dasar sistem operasi :
                             1. Menjadwalkan Tugas
                             2.    Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
                             3.    Menjaga keamanan sistem
                             4.    Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
                             5.    Menangani Interrupt
                             6.    Menyiapkan catatan pemakaian

ü  Program Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu.

ü  Penerjemah Bahasa Komputer
Ø Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)
Ø Bahasa Generasi Kedua, Assembler
Ø Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
Ø Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan.

B.      Perangkat Lunak Aplikasi

1.       Pemrograman Sendiri
Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.

2.      Paket Jadi
Ada empat kelompok besar :
·         Paket Aplikasi Bisnis Umum
·         Paket Aplikasi Khusus Industri
·         Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
·         Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan

PERANAN PERALATAN INPUT DAN OUTPUT SERTA SOFTWARE DALAM PEMECAHAN MASALAH
Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.

REFERENSI :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar