PENDAHULUAN
Komputer
adalah serangkaian mesin elektronik yang
terdiri dari komponen-komponen yang dapat saling bekerja sama, terprogram, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi.
Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan
instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.
ARSITEKTUR
KOMPUTER
· Central Processing Unit (CPU)
mengendalikan semua unit system komputer dan mengubah input menjadi output.
· Unit pengendalian (control unit)
membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem.
· Misalnya prosesor dan arithmetic and
logic unit (ALU) merupakan tempat berlangsungnya operasi perhitungan logika
serta mengolah isi penyimpanan primer.
· Penyimpanan sekunder menyediakan
tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan.
Unit
Input
1. KEYBOARD
Memasukkan data
dengan cara menekan tombol- tombol yang tepat, mirip mesin ketik yang sebagian
besar dilengkapi dengan tombol tambahan.
2. ALAT PENUNJUK
· Mouse, suatu alat kecil dan ringan yang
memiliki suatu bola kecil dibawahnya dan memiliki 1, 2 atau 3 tombol di atasnya
dihubungkan ke komputer dengan suatu kabel halus.
· Trackball, suatu alat penunjuk dimana
menggerakkan kursor dengan cara memutar bola tanpa memindahkan seluruh alat
tersebuut.
· Touch screen, memasukkan data,
instruksi hanya dengan menyentuh satu lokasi dilayar dengan menggunakan jari atau
objek tidak transparan lain.
·
Light
pen, untuk menunjuk pada layar.
·
Unit
remote control.
3. ALAT INPUT OTOMATIS DATA SUMBER
· Alat Pembaca Optis, alat input yang membaca data dengan
menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian menangkap citra yang
terpantul pada matriks sel-sel photoelectric. Contoh : Scanner, OCR (Optical Character Recognition), OMR (Optical Mark Reader).
· Alat Pembaca Magnetis, alat pembaca yang menggunakan tinta
khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan magnet. Contoh : MICR (Magnetic Ink Character Recognition).
4. ALAT INPUT PENGENAL SUARA
Unit pengenal suara (speech recognition unit)
·
Mikropon
·
Automatic Speech Recognation (ASR)
·
Touchtone
5. ALAT INPUT VIDEO
Video Camera recorder atau Camcoder
6. ALAT INPUT PENERIMA GERAK
·
Headset
·
Glove
·
Walker
PENYIMPANAN SEKUNDER
· Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
· Hard Disk : Removable dan Non removable
· Floppy Disk
· Piringan Optik : CD, DVD
· USB Flash Disk
· Smart Card
· Kartu memori
Bentuk Penyimpanan Sekunder :
· RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
· ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang.
· Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.
PERALATAN OUTPUT
Dibagi
menjadi dua, yaitu :
1.
Softcopy,
terdiri dari dua jenis :
·
Monitor
: CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma).
·
Audio
2.
Hardcopy,
terdiri dari :
·
Printer
: Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi.
·
Plotter
: Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format Lebar.
·
Computer
Output Microfilm (COM).
Peralatan Output
1. Output Yang Ditampilkan
Peralatan output yg paling terkenal
dgn pemakai akhir (end user) adalah Display Screen yang disebut CRT yg
dikemas dgn keyboard. Kelemahan dari
layar tampilan yaitu : ketidak mampuan untuk menghasilkan kopi pada kertas,
yang disebut Hard copy.
2. Output Yang Dicetak
Peralatan output yang disebut printer
menghasilkan hard copy
3. Output Grafik
Beberapa pemakai komputer pertama,
seperti insinyur dan arsitek perlu untuk menghasilkan output grafik. Peralatan
khusus yg disebut plotter yg disambungkan dgn CPU ataupun beroperasi secara
offine, dpt menghasilkan output grafik pd ukuran normal atau pd kertas yg besar.
4. Output Mikrofilm
Komputer dapat menggunakan unit
Computer Output Microfilm (COM) untuk menciptakan microfilm ataupun
microfiche. Mikrofilm viewer offine khusus digunakan untuk menampilkan dokumen
yang difilmkan tersebut. Microfilm printer dpt digunakan untuk menghasikan hard
copy.
5. Output Kartu Berlubang
Beberapa konfigurasi komputer yang
lebih besar menerapkan card punch unit yang membuat kartu berlubang
6. Output Audio
Audio response unit dapat menentukan
kata yang sebelumnya terekam untuk membentuk output komputer dapat didengar,
sehingga bisa ditransmisikan ke seluruh saluran komunikasi.
SOFTWARE
Sistem
operasi (bahasa Inggris:
operating system ; OS) adalah seperangkat
program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan
layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang
paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem
operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer
mereka, kecuali program aplikasi boot diri.Sistem operasi-sistem operasi utama
yang digunakan komputer sistem umum.
Perangkat
lunak terbagi menjadi dua, yaitu :
A. Perangkat Lunak Sistem
- Perangkat lunak yang melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer.
- Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem :
ü Sistem Operasi, berfungsi sebagai
interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan
perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
Ada enam fungsi
dasar sistem operasi :
1.
Menjadwalkan Tugas
2. Mengelola sumber daya perangkat keras
dan perangkat lunak
3. Menjaga keamanan sistem
4. Memungkinkan pembagian sumber daya
untuk beberapa pemakai
5. Menangani Interrupt
6. Menyiapkan catatan pemakaian
ü Program Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk
melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu
aplikasi pemakai tertentu.
ü Penerjemah Bahasa Komputer
Ø Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine
language)
Ø Bahasa Generasi Kedua, Assembler
Ø Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan
Interpreter
Ø Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL,
memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan
bagaimana operasi tersebut dilakukan.
B. Perangkat Lunak Aplikasi
1. Pemrograman
Sendiri
Perusahaan menempatkan spesial
informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang
memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
2. Paket
Jadi
Ada empat
kelompok besar :
·
Paket
Aplikasi Bisnis Umum
·
Paket
Aplikasi Khusus Industri
·
Paket
Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
·
Paket
Peningkatan Produktivitas Perorangan
PERANAN PERALATAN INPUT DAN OUTPUT
SERTA SOFTWARE DALAM PEMECAHAN MASALAH
Keseluruhan
komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun
tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan
mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output
berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan
perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk
meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan
penciptaan dan transmisi data.
REFERENSI :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar